Jutaan.net

Situs rekomendasi dan berita smartphone terlengkap. Dapatkan berita terbaru, ulasan mendalam, dan rekomendasi smartphone.

Apa Itu HP Refurbish? Inilah Ciri dan Kelayakan Belinya

HP Refurbish banyak beredar di pasaran dengan harganya yang murah. Lalu apa itu HP refurbish? Inilah ulasan selengkapnya yang bisa disimak.

Jutaan.net – Selama ini mungkin kamu sudah sering mendengar istilah refurbish pada beberapa barang elektronik, terutama HP.

Akan tetapi, apakah kamu sudah tau apa itu HP refurbish? Jika belum, yuk simak dulu informasinya berikut ini! 

Apa Itu HP Refurbish? 

Pada dasarnya, refurbish adalah barang elektronik yang sudah pernah ditarik oleh pabriknya. Hal ini karena produk tersebut ternyata nggak memenuhi standar kualitas yang sudah pabrik tentukan. 

Setelah ditarik, produk tersebut akan mendapatkan modifikasi lagi supaya bisa dijual kembali. Akan tetapi, tentu saja dengan harga yang lebih murah daripada produk original. Refurbish nggak terbatas pada HP saja, tapi juga elektronik lain. 

Ciri-ciri HP Refurbish 

Pada prakteknya, ada sejumlah ciri yang bisa menjadi indikator apakah ponsel tersebut refurbish atau bukan. Ciri-ciri HP refurbish yang utama umumnya adalah terdapat tulisan atau keterangan pada bagian dus box HP. 

Beberapa vendor ponsel biasanya akan memberikan keterangan tersebut seperti misalnya iPhone. Umumnya iPhone refurbish akan bertuliskan “Apple Certified Pre-Owned”. 

Selain itu, ciri lainnya adalah dus box HP yang sedikit berbeda dari versi originalnya. Produk yang refurbish biasanya juga masih memiliki garansi, tapi memang nggak semuanya punya kebijakan ini. 

Apakah Ponsel Refurbish Layak Beli?

Sebagai barang yang sudah mendapatkan modifikasi, ponsel refurbish memang memiliki kelemahan. Salah satu kelemahan HP refurbish yang paling riskan adalah kualitasnya yang di bawah produk baru dan kurang sesuai dengan standar produksi.

Meskipun ponsel refurbish kualitasnya bagus, tapi tetap nggak bisa menyamai kualitas barang asli. Selain itu, HP ini juga jadi rawan disusupi oleh ponsel rekondisi yang jelas kualitasnya jauh lebih buruk daripada refurbish. 

Jadi, kalau kamu bertanya HP refurbish apakah aman dan layak beli? Jawabannya sebaiknya jangan membelinya. Sebab meski harganya yang lebih murah, tapi kamu nggak akan mendapatkan kualitas yang sama dengan ponsel baru. 

Mungkin di awal pemakaian kamu tidak akan merasa perbedaan signifikan antara refurbish dan baru. Akan tetapi, dalam jangka panjang ponsel ini nggak akan bisa memiliki kualitas seperti produk aslinya. 

Sebaiknya tahan dulu keinginan untuk membeli ponsel ini. Tabung budget yang ada dan jangan tergiur harganya yang murah. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan HP baru yang jelas kualitas dan keamanannya. 

Daripada beli HP daur ulang, mending beli HP bekas saja. Seperti HP OPPO A3s bekas atau yang lainnya.

Penutup 

Sekarang kamu sudah tau kan apa itu HP refurbish? Meski murah, ponsel ini kurang direkomendasikan untuk kamu beli karena kualitasnya yang kurang bagus. Jadi pastikan kamu tidak tergiur dengan ponsel ini ya!

Bagikan artikel ini
Admin Jutaan
Admin Jutaan

Newsletter Updates

Masukan email Anda dibawah untuk mendapatkan berita terbaru dari Jutaan.net

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *